Category: Opini

  • Agar Nasib Hidupmu Tak Berhenti di Ujung Jarimu

    Agar Nasib Hidupmu Tak Berhenti di Ujung Jarimu

    Mirisnya, perubahan itu dapat membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia itu sendiri jika tidak bijak dalam penggunannya. Perubahan apa saja yang kini terjadi di kalangan masyarakat? Seberapa burukkah dampaknya? Berikut ini paparannya.

  • Memilih Jodoh ala Jawa dan Islam

    Memilih Jodoh ala Jawa dan Islam

    Menurut penulis, jodoh itu ya saat kedua pasangan tersebut terpisah oleh kematian. Jadi kalau ‘hanya’ terpisah (baca: cerai) dikarenakan faktor ekonomi, pihak ketiga atau yang lain, itu tandanya belum berjodoh.

  • Wisata Pikiran dan Kabar Facebook Akan Tutup  

    Wisata Pikiran dan Kabar Facebook Akan Tutup   

    “Wisata adalah bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya),” kata Kamus Besar Bahasa Indonesia Akhir-akhir ini, ramai diberitakan bahwa facebook akan diblokir di Indonesia. Kabar ini menimbulkan berbagai reaksi para pengguna media sosial. Ada yang galau jika nanti kenangan yang pernah diunggah akan lenyap, ada pula yang resah karena bakal kehilangan lahan untuk berburu pasangan. […]

  • Jodoh dan Kata Tanya Kapan di Mata Seorang Jomblo

    Jodoh dan Kata Tanya Kapan di Mata Seorang Jomblo

    Begitu mendapat tantangan tema soal Jodoh, saya sebetulnya bingung. Apa yang mau saya tulis sementara saya adalah perempuan yang belum menemukan jodoh. Kalau mau nulis tips mencari jodoh, kok ya nanti orang sulit percaya. Kalau mau nulis pengalaman menemukan jodoh, saya sama sekali belum punya cerita untuk dibagikan. Tapi, baiklah, saya cerita tentang pandangan saya […]

  • METAMORFOSIS JODOH MENURUTKU

    METAMORFOSIS JODOH MENURUTKU

    “Ibu, adakah seorang laki-laki yang bernama Nurul?” Tanyaku pada ibu ketika masih TK. Ibu mengernyit dan menjawab “Ada. Ibu pernah ketemu sama laki-laki yang bernama Nurul. Memangnya kenapa, Nak?” Tanya ibu dengan penuh kesabaran. “Aku nanti harus mencari suami yang namanya Nurul, karena namaku Nurul” Jawabku dengan polos. “Ibu namanya Widodo juga kan, seperti Bapak?” […]

  • Musik Kelas Bawah yang Kini Jadi Tren

    Sayang, Apa kowe krungu jerite atiku, mengharap engkau kembali Sayang, Nganti memutih rambutku, ra bakal luntur tresnaku… Saya yakin, ketika membaca penggalan lirik lagu di atas, kebanyakan tidak hanya sekadar membaca. Meskipun dalam hati, pasti lirik tadi membuat kita menyanyikannya. Sudah jelas, lagu yang dibawakan Via Vallen—penyanyi dangdut koplo asal Jawa Timur—itu telah merajai pasar musik […]

  • Pengin Punya Hobi Membaca. Gimana ya, Caranya?

    Kampanye-kampanye soal membaca sudah sering kita dengar ya? Banyak juga artikel-artikel yang berusaha menyebarkan pesan agar kita jadi doyan baca. Kadang-kadang, kita sampai merasa bosan dengan isi pesan yang disampaikan untuk kampanye gemar membaca. Ya, apalagi sih, selain membaca itu menjadikan kita makin pintar, berwawasan dan punya banyak ilmu? Sudah sampai hafal deh yang begitu. […]

  • [Cernak] Piala yang Retak

    “Syifa malu, Ma!” Gadis kecil dengan jilbab berwarna kuning itu menarik-narik lengan perempuan muda di sampingnya. “Enggak apa-apa, Sayang. Tuh, lihat, ada anak perempuan lebih kecil dari Syifa. Dia berani tampil sendirian,” rayu si Mama. Tangan syifa digenggamnya erat. Mata Syifa mulai berubah. Dia perhatikan temannya yang kini sedang memainkan lagu Dari Yakinku Teguh dengan […]

  • Ketika Piton dan Manusia Sama-sama Lapar, Siapa yang Dimakan Duluan?

    Ketika Piton dan Manusia Sama-sama Lapar, Siapa yang Dimakan Duluan?

    Beberapa waktu yang lalu kompas.com memberitakan tentang penangkapan ular piton oleh warga Gunungkidul. Bukan baby piton, tapi ini beneran ular piton berukuran besar yang bikin merinding warga. Merinding karena takut dimakan ular tersebut. Meskipun kalau dihitung, realitanya banyakan jumlah ular yang dimakan manusia dibanding yang memakan manusia. Harusnya si piton yang merinding kalau ketemu manusia. […]

  • [Cernak] Abi dan Tukik Kesayangannya

    Di hari Minggu Abi berencana pergi ke waterpark yang baru di dekat rumah mereka. Tapi Ayah ingin mengajak Abi dan Bunda ke Sukabumi, sekalian mengantar Om Dani. Wartawan teman ayah itu akan meliput penangkaran penyu yang ada di Sukabumi. “Di sana ada pantai, Abi bisa berenang, bisa juga bermain pasir,” bujuk Bunda sambil menunjuk perlengkapan […]

error: Content is protected !!