KIRIMKAN GADIS TERBAIK KOTA INI!

source: google image

 

Jodoh di tangan Tuhan. Kalau tidak diambil maka disalip orang. Jika tidak diusahakan dapat sisa. Kadang datang lebih awal, tidak jarang ditunggu-tunggu belum mau menyapa. Namanya rahasia, selalu datang mengejutkan.
Mungkin kita sering menyaksikan kejadian yang menambah yakin kita pada-Nya, bahwa jodoh memang misteri. Ada kisah menarik yang saya dapatkan dari salah seorang da’i, Dr. Khalid Basalamah namanya. Kisah nyata ini terjadi di Yaman.
Hiduplah seorang anak muda yang buta tapi hafal al-Qur’an. Sejak kecil (karena keterbatasan penglihatan) memang tidak disekolahkan oleh orangtuanya. Sebagai bentuk tanggung jawab, orangtuanya tetap mendidik dan mendatangkan guru privatuntuk ilmu-ilmu agama seperti membaca dan menghafal al-Qur’an.
Seiring waktu berjalan, usia pemuda buta ini menginjak 25 tahun. Naluri danfitrahnya untuk mencintai dan dicintai seorang wanita mulai bergejolak. Ia ingin menikah.Namun, setiap ia mengutaran persoalan pernikahan, sang ayah selalu menghindar dan tidak jarang mengecilkan hatinya.
“Nak, gadis mana yang mau menikah denganmu. Ananda ‘kan tidak kerja, bukan lulusan universitas dan memiliki keterbatasan melihat,” suara sang ayah nampak berat. “Suatu saat nanti, saat ada yang bersimpati dengan kondisi Ananda, baru kita buka pintu pernikahan itu.
Penjelasan dan argumentasi ayahnya membuatnya terpukul. Cukup lama ia  memendam kekecewaan akan hidupnya. Tidak ada pilihan lain selain menguji keimanan dan meyakini ilmu yang dipelajarinya selama ini. Ia kuatkan diri dan memantapkan hatinya mendatangi AllahTuhan semesta alam, Pemilik langit dan bumi.
Ia kemudian menumpahkan segala keluh kesah dan kegundahan hatinya kepada Allah selama satu bulantanpa henti.
Tahu apa doanya?
“Ya Allah, karuniakanlah kepadaku seorang gadis yang paling cantik, paling pintar dan paling kaya di Yaman ini.” Doa yang tidak tanggung-tanggung. Seolah-olah ia ingin mematahkan semua argumentasi orang-orang dan ayahnya yang meragukan kemampuan Tuhan.
Jangankan hanya mendatangkan jodoh terbaik, bahkan bulan pernah terbelah dan matahari pun pernah berhenti bergerak.
Di malam hari ketiga puluh, pemuda buta ini bermimpi. Dalam mimpinya ia didatangi oleh seseorang yang mengatakan kepadanya, Wahai anak muda, jodohmu bernama Fulanah binti Fulan. Ayahnya bernama Fulan bin Fulan, ia seorang tokoh masyarakat yang terkenal di kotasebelah. Besok datanglah dan lamar putrinya!”
Pemuda buta ini terbangun dari mimpinya. Cukup lama ia tertegun, antara percaya dan tidak dengan apa yang telah didengarnya. Ia kemudian berwudhu dan shalat tahajjud menemui-Nya.
Seperti biasa, saat Subuh ia ikut ayahnya berangkat ke masjid untuk shalat berjama’ah. Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, ia kemudian mengajukan beberapa pertanyaan.
“Wahai ayah, ada tidak sebuah kota di Yaman yang terkenal dengan gadis cantiknya?” ia kemudian menyebutkan nama kota tersebut.
“Ada.”
Apakah ada orang yang bernama Fulan bin Fulan?”
Iya ada. Ia tokoh yang masyhur di kota itu.” Nampaknya sang ayah agak heran dengan pertayaan putranya.
Apakah ia kaya.”
“Iya. Tentu saja. Ia adalah orang yang mendapatkan banyak karunia dari Allah.
“Apakah ia memiliki anak gadis bernama Fulanah binti Fulan?”
“Iya.”
Belum selesai rasa heran atas cercaan pertanyaan yang aneh menurutnya, ia dikejutkan oleh permintaan putranya.
“Wahai ayah, lamarkan gadis ituuntukku. Sekarang! tegasnya mantap.
“Eh, apa kamu sadar nak? Kata sang ayah penuh keraguan. Karena perempuan ini terkenal dengan kecantikan, kepintaraan dan dari keluarga kaya raya. Sudah banyak laki-laki yang datang  dan harus pulang dengan tangan kosong. Semua ditolak.
“Nak, kita harus realistis. Ananda tidak berpendidikan, tidak bekerja, cacat dan kita adalah keluarga pas-pasan.”
“Begini, Ayah. Semalam saya bermimpi begini (Ia lalu menceritakan mimpinya). Dan apa yang saya tanyakan kepada Ayah adalah sesuatu yang saya tidak tahu sebelumnya. Orang itu kemudian menyuruh saya untuk melamar gadis tersebut.”
Melihat keyakinan putranya, akhirnya sang ayah mengabulkan permintaannya.
“Baiklah. Kita akan coba. Nak, kita ini akan mempertaruhkan nama baik keluarga. Ananda harus siap diterima atau ditolak. Dan, kemungkinan besar ditolak.”
Di pagi buta, pergilah mereka berdua ke kota sebelah. Setelah yakin dengan rumah yang dituju, masuklah mereka berdua ke pekarangan rumah yang sangat indah.Mereka kemudian disambut oleh ayah sang gadis.
“Maaf, ada keperluan apa, ya?”
“Eee ... begini Bapak. Saya datang untuk melamar putri Bapak untuk anak saya ini,” dengan sedikit grogi sang ayah menjelaskan maksud kedatangannya, “eee, anak saya ini meskipun buta tapi ia hafal al-Qur’an, baik dan berbakti kepada kami orangtuanya.” Disebutlah semua kebaikan anaknya.
Eh, entah mengapa anak saya ini ingin melamar putri Bapak hanya berdasarkan mimpinya saja.” Jelas sang ayah kemudian.
“Baik, saya terima lamaran putra Bapak.” Anehnya, ayah si perempuan cantik ini langsung menerima tanpa pake lama.
Diterima dengan begitu mudah membuat sang ayah heran,“Mengapa Anda begitu saja menerima lamaran anak saya ini?”
“Begini. Semalam saya bermimpi jika hari ini anak saya akan dilamar oleh seorang pemuda yang buta namun hafal al-Qur’an, dari kota sebelah dan nama anakmu disebut.”
“Ohh ...” terbengong sang ayah.
“Tetapi, saya belum tahu jawaban putri saya. Semuanya saya pasrahkan kepadanya. Jika ia menerima maka kita besanan.”
Masuklah ia menemui putrinya. Karena sudah biasa menolak lamaran, maka iatidak terlalu berharap putrinya akan menerima lamaran ini.
“Nak, ada pemuda kampung sebelah yang buta namun hafal al-Qur’an, namanya Fulan bin Fulan ini hendak melamarmu. Apakah Ananda bersedia?
“Ayah nikahkan saya dengannya. Terima lamarannya.” Tanpa bertanya lebih jauh, sang gadis langsung menerima pinangan pria cacat ini.
Cukup lama sang ayah tertegun dan tidak bisa berkata-kata, “Nak, kamu kan belum lihat orangnya?”
“Nggak perlu Ayah. Semalam saya bermimpi. Seseorang mengatakan bahwa akan datang jodohku besok dengan semua ciri-ciri yang Ayah sebutkan. Katanya, ‘Terima lamarannya, ia akan menjadi suami terbaik bagimu.'”
Terjadilah pernikahan yang menggemparkan ini. Tidak mungkin bagi manusia, akan lain jika disandarkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Tetaplah yakin!
//–//
*Syahrul, guru yang masih belajar menekuni profesinya. 
Penulis buku, Berdagang dengan Allah Nggak Ada Ruginya  
dan Provokator Gerakan Ayah Menulis (GAM)
Baca Juga:   Kalau Pernah Makan Sirip Ikan Hiu, Tobat Mulai Sekarang!

One thought on “KIRIMKAN GADIS TERBAIK KOTA INI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *