Cewek Hobi Main Gitar, Siapa takut?

Kulepas semua yang kuinginkan,

Tak akan kuulangi,

Maafkan jika kau kusayangi,

Dan bila kumenanti…..

Ah, lirik lagu itu, mengingatkanku entah berapa tahun yang lalu. Lagu pertama yang berhasil aku nyanyikan bersama teman-teman. Dengan iringan petikan gitar hasil belajar otodidakku. Bahkan, temanku ada yang sampai menangis saat itu. Entah karena petikan gitarku begitu bagus, atau lagu itu memang berhasil membawanya ke sebuah kenangan termanis, yang begitu mengiris hatinya.

Saat seorang cowok pandai bermain gitar, itu sudah biasa. Yang luar biasa adalah cewek yang pandai bermain gitar. Itu anggapanku dulu, yang setidaknya membuatku ingin bisa. Hingga kubela-belain setiap minggu membeli majalah khusus musik “Hotchord”. Setiap ada edisi baru yang keluar pasti kubeli. Dari situlah kesukaanku dengan alat musik petik itu muncul.

Mudahkah belajar gitar? Dibilang mudah juga enggak, dibilang susah juga enggak. Jadi, menurutku saat aku pengin bisa ya pasti hal itu bisa kutaklukkan. Entah seberapa sulitnya. Hingga akhirnya aku bisa menemukan sendiri suatu trik untuk menghafalkan kunci-kunci gitar dengan mudah. Ternyata, semua kuncinya itu berurutan mengikuti pola tangga nada mayor. Menemukan trik itu membuatku jingkrak-jingkrak sendiri.

Iya, tangga nada mayor yang mempunyai interval not 1,1,1/2,1,1,1,1/2, mengurutkan yang tangga nada C-D-E-F-G-A-B-C. Rumit ya? Yes! Tapi begitu bisa menaklukkan kunci tersebut, segala suasana hati bisa kita luapkan dengan petikan gitar. Sedih? Masuk. Gembira? Bisa. Merana? Klop. Bahkan, jingkrak-jingkrak hingga dangdutan pun, seru! Ah, bisa bayangkan betapa bahagianya orang yang bisa bermain gitar? Setiap keadaan bisa membuatnya bernyanyi hehe.

Menurutku, cewek yang bisa bermain gitar itu keren. Duh, menurutku lagi. Iya, anggap saja aku mewakili para cewek yang bisa bermain gitar. Hehehe. Dengannya, kita jadi punya banyak teman. Kita dianggap beda. Kita dianggap asyik. Ternyata banyak juga temanku yang pengin ikutan belajar, hanya saja banyak yang tidak telaten, apalagi saat ujung jari mengalami sakit sebelum akhirnya kapalan dan mati rasa.

Dari mulai belajar bermain gitar hingga akhirnya bisa menyanyikan satu lagu membutuhkan waktu kira-kira satu bulan. Setelah itu tinggal melancarkan saja kepiawaian jari-jari kita untuk berpindah dari kunci satu ke kunci berikutnya.

Adakah yang pengin bisa memetik gitar? Hobi bermain gitar banyak didominasi oleh cowok, karena memang kerumitan menghafalkan kunci dan kesakitan yang harus diderita oleh ujung-ujung jari saat tahap awal belajar. Untuk bermain gitar, penguasaan hal-hal teknis harus dilalui lebih dahulu, sebelum akhirnya mahir dan bisa menikmati setiap detik dengan petikan gitar yang halus dan mendayu.

Kamu pun harus siap menjalani langkah ini jika kamu memutuskan untuk bermain gitar menjadi pilihan hobimu:

  1. Ujung jari kapalan

Persiapkan ujung jari-jarimu mengalami pengerasan, yang sering dikenal dengan istilah “kapalan”. Meski hal ini tidak akan berlangsung lama, namun sebelum terjadinya kapalan, terkadang ujung jari kita harus mengalami sobek dahulu. Kapalan yang kasar akan berganti menjadi kulit halus lagi, saat semua kunci gitar berhasil dihafalkan. Juga, saat pergantian antar kunci sudah bisa dilakukan dengan mudah. Tentu saja, karena semua itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Paling tidak empat bulan bisa berhasil menyanyikan sebuah lagu dengan diiringi gitar tanpa jeda yang kasar pada setiap pergantian kunci.

Tenang, kapalan disini hanya akan berlangsung beberapa bulan saja, kok. Selebihnya akan mengalami penghalusan kulit lagi setelah kekuatan jari kita bisa menekan masing-masing dawai gitar yang cukup tajam itu. Kapalan akan menjadi tidak berarti bila dibandingkan dengan seberapa kepuasan saat kamu mahir bermain gitar.

  1. Hafalkan kunci-kunci gitar yang paling mudah dahulu

Kunci-kunci itu antara lain:  A, Am, C, Cm, D, Dm, E, Em G. Yup, hanya bermodal hafal kunci-kunci itu saja, kamu sudah bisa memainkan sebuah lagu dengan gitar secara sempurna. Contohnya, ya lagu yang berjudul “Yang Terdalam” punyanya Peterpan itu. semua liriknya hanya terdiri dari kunci D-G-A-D. atau lagu “Semua Tak Sama” nya PADI, yang hanya terdiri dari kunci C-Am-Em-G-C. Pada tahap ini, siapkan telingamu untuk mendengar berbagai olokan dari semua orang yang mendengar petikan gitarmu, Mengapa? Karena hasil genjrengan pada tahap ini akan sangat gaduh. Tapi, terus lah menggenjreng, dengan berbagai cara yang berbeda.

  1. Perlahan mulai hafalkan kunci yang susah

Setelah hafal di luar kepala kunci-kunci mudah, saatnya kamu mulai hafalkan kunci yang mulai susah. Kunci-kunci itu adalah: F, B, dan semua yang ber-# atau ber-#m seperti F#m G#m dan lain-lain. Kunci-kunci tersebut memang susah dihafalkan, pun susah untuk dimainkan. Karena tidak seperti kunci gitar sebelumnya, yang dimainkan hanya dengan ujung jari. Kunci susah ini melibatkan jari telunjuk yang harus menekan semua dawai dalam posisi tegak. Kondisi ini lebih susah karena jari telunjuk harus bisa mempertahankan tekanannya agar stabil pada semua dawai gitar yang ada, dalam satu waktu.

Meskipun susah, keselarasan not gitar akan semakin sempurna jika kita mau berjuang latihan. Suara ritmis melengkapi petikan yang dihasilkan oleh semua dawainya.

  1. Latihan pindah kunci

Latihan ini jelas harus didahului dengan menghafal kunci-kunci gitar. Gimana mau mudah pindah jika kuncinya saja belum hafal? Dimulai dari kunci pada poin (2) maka proses latihan pindah kunci akan semakin mudah.

  1. Sering latihan

Alah bisa karena biasa. Pepatah itu memang benar adanya. Jika kita semakin sering latihan, maka akan semakin cepat bisa. Apapun jenis latihannya, termasuk latihan memetik gitar ini yang sudah kamu pilih untuk menjadi hobi barumu.

Gimana, siap? Yuk, kita mulai dengan memilih lagu pertamamu untuk latihan.

***

Ditulis oleh: Eka W

Reviewer: Yulia Hartoyo

One thought on “Cewek Hobi Main Gitar, Siapa takut?

  1. Mbak Eka bisa main gitar to? Aku udah lama banget, terakhir main gitar pas SMA apa malah SMP ya, haha, byk kunci yang lupa. Tapi kayaknya kalau dipelajari lagi sih bisa. Memang asyik main gitar, ga perlu nyolokin ke listrik kayak orgen atau piano. Bisa genjreng2 aja atau akustikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *