Cantik Alami dengan Virgin Coconut Oil? Bisa Banget, Sis!

Hari gini siapa sih yang nggak kenal Virgin Cocout Oil? Akhir-akhir ini VCO memang mulai naik daun lagi. Namanya semakin tidak asing terdengar. Hal ini karena manfaat VCO yang semakin dikenal masyarakat luas, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat VCO sangat bagus untuk kecantikan karena dalam minyak tersebut mengandung asam laurat yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antibiotik.

VCO atau minyak kelapa murni merupakan minyak yang diperoleh dari kelapa segar tanpa adanya proses pemanasan (terhidrogenasi) terlebih dahulu sehingga kandungan zat-zat penting di dalamnya, yang diperlukan oleh tubuh, masih terjaga dan tetap utuh. Hampir 92% kandungan VCO ini berupa asam lemak dengan struktur rantai sedang. Pada umunya VCO berbentuk cair, akan tetapi bila berada pada suhu dibawah 17o VCO akan berubah bentuk menjadi padat seperti mentega. 

Minyak kelapa murni yang berkualitas memiliki warna bening. Jika kita cicipi, rasa minyaknya terdapat sensasi gurih dan manis menjadi satu. Baunya sangat khas, yaitu harum gurih. Pernah menemukan VCO yang baunya tengik? Nah biasanya VCO yang berbau tengik  ini disebabkan oleh jeda waktu antara produksi dengan pemanfataannya terlalu lama atau bisa juga disebabkan karena cara penyimpanan VCO yang kurang tepat. Sebenarnya cukup mudah untuk menyimpan VCO agar kualitasnya terjaga, tidak perlu disimpan dalam lemari es, cukup tutup rapat botolnya. Jika sudah pernah dibuka (digunakan), jangan terpapar sinar matahari langsung. VCO memiliki daya simpan yang cukup lama, bisa mencapai 10 bulan lebih karena dalam minyak tersebut mengandung antioksidan alami.

Karena VCO dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan dapat dengan cepat menyerap ke pori-pori kulit, maka VCO ini sangat cocok untukemua orang yang ingin tampil cantik alami. Selain aman untuk semua jenis kulit, cantik dengan VCO juga murah dan mudah. Murah harga VCO-nya. Mudah karena untuk mendapatkan VCO tidak sulit, bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri. Eitsss, jangan salah meskipun murah dan mudah, cantik yang dihasilkan dengan memanfaatkan VCO nggak murahan. Cantiknya sehat alami! Lalu apa saja manfaat VCO untuk kecantikan?

1. Meremajakan kulit

VCO mengandung polifenol yang cukup tinggi. Senyawa organik tersebut bermanfaat sebagai antioksidan yang baik sehingga dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang telah rusak. Vitamin E pada VCO juga sangat tinggi, sehingga berguna sebagai antioksidan tinggi, yang mampu melawan keriput. Adanya polifenol dan vitamin E tersebut membantu mempertahankan elastisitas kulit sehinga kulit tampak awet muda. Usapkan VCO ke wajah maupun ke seluruh tubuh agar sel-sel kulit diremajakan oleh VCO.

 

Baca Juga:   [Cerpen] Pulang dengan Tenang

2. Menghapus Riasan Wajah

VCO bisa dijadikan sebagai penghapus riasan wajah loh! Biasanya, penghapus riasan wajah yang tidak cocok dapat menimbulkan jerawat. Munculnya alergi juga dapat disebabkan dari penggunaan make up remover pabrikan. Dengan VCO tidak perlu khawatir munculnya jerawat maupun alergi. Cukup menuangkan sedikit minyak di atas kapas, kemudian usapkan ke wajah, vco sudah bisa menjadi penghapus riasan wajah. Untuk hasil yang lebih bagus bisa juga dilakukan gerakan memijat pada area wajah saat menghapus riasan. Bilas wajah dengan air dan sabun agar make up bersih sempurna.

 

3. Masker Wajah

Masker wajah dengan menggunakan VCO ini banyak macamnya. Kali ini manfaat masker VCO untuk mengangkat kulit mati serta untuk mencerahkan kulit wajah. Agar manfaat masker VCO lebih optimal maka perlu dipadukan dengan beberapa bahan lain.

a. Untuk mengangkat kulit mati

Bahan yang diperlukan:
½ sendok teh VCO
1 sendok makan baking soda murni (soda kue murni)

Cara:
1. Campurkan semua bahan hingga merata. Tingkat kekentalan bisa disesuaikan menurut selera.
2.
Bersihkan wajah terlebih dahulu.
3.
Oleskan masker ke wajah, tunggu 10-15 menit.
4.
Usap-usap lembut wajah agar sel kulit mati terangkat.
5. Bilas wajah hingga bersih.
6. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan handuk kering.
7. Masker dapat digunakan seminggu sekali saja.

b. Untuk wajah lebih cerah

Bahan yang diperlukan:
1 sendok teh VCO
2 sendok teh madu
½ sendok the air perasan jeruk lemon (atau menyesuaikan)

Cara:
1. C
ampurkan semua bahan hingga merata. Tingkat kekentalan bisa disesuaikan menurut selera.
2.
Bersihkan wajah terlebih dahulu. Basuh dengan air hangat agar pori-pori terbuka.
3. Oleskan masker ke wajah, tunggu 10-15 menit.
4. Bilas dengan air dingin agar pori-pori mengecil.
5. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan handuk kering (bukan dengan cara mengelap).
6. Masker dapat digunakan 2-3 kali dalam seminggu.

 

Baca Juga:   Pengin Punya Hobi Membaca. Gimana ya, Caranya?

4. Melembabkan bibir (lip balm)

Rasa kurang nyaman bisa disebabkan oleh bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, membuat kita merasa kurang percaya diri. Oleskan minyak pada bibir sesering mungkin jika mulai terasa kering. Untuk hasil yang optimal, VCO dapat dioleskan pada bibir setiap malam menjelang tidur. Gunakan secara rutin. Selamat memiliki bibir lembut, kenyal, dan sehat.

 

5. Memperindah dan Menyehatkan Gigi

Gigi yang indah dan sehat semakin menambah rasa percaya diri. Tanpa kita sadari, pasta gigi komersil buatan pabrik mengandung deterjen, yang justru memberi dampak negatif bagi kesehatan gigi. VCO yang mengandung antibakteri mampu menjadi alternatif pasta gigi yang ramah bagi tubuh dan lingkungan. Campurkan VCO dengan soda kue hingga teksturnya menjadi pasta sebagai pengganti pasta gigi buatan pabrik. Tidak hanya bersih, karang gigi juga ikut rontok. Untuk pertama kali pemakaian akan terasa aneh karena tidak berbusa. Selain itu, VCO juga dapat dimanfaatkan untuk oil pulling untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Cukup berkumur dengan VCO setelah bangun tidur sebelum mengonsumsi apapun. Kumur-kumur dengan VCO di dalam mulut selama sekitar 10 menit, kemudian buang minyak tersebut. Selain untuk memperindah dan menyehatkan gigi, oil pulling juga bermanfaat untuk memperkuat gigi, rahang, dan gusi, mencegah bau tidak sedap, serta mencegah penyakit mulut.

 

6. Sebagai Body Lotion

VCO yang bermanfaat untuk melembabkan wajah, pasti bermanfaat juga untuk melembabkan kulit tubuh sebagai pengganti body lotion. Usapkan merata pada bagian tubuh sebelum tidur secara tipis, bagus lagi jika dicampur dengan wewangian dari essential oil. Sensasi harum pada essential oil juga bermanfaat sebagai aroma terapi, sehingga tidur dapat semakin berkualitas. Meskipun tubuh kita olesi minyak, kita tidak akan merasa lengket saat tidur karena VCO memiliki kemampuan yang meresap sangat baik. Keesokan harinya saat bangun tidur, kulit akan terasa lebih lembab, lembu, dan tampak lebih segar.

 

7. Sebagai Conditioner Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa, meskipun tertutup kerudung tetap harus dijaga keindahannya. Minyak ini berfungsi untuk memberi perlindungan dan kelembaban pada kulit kepala sehingga rambut akan tampak lebih berkilau, lebat, dan tumbuh lebih sehat. Minyak kelapa ini tidak dioleskan pada bagian rambut, akan tetapi dioleskan pada bagian kulit kepala. Hal tersebut bertujuan agar minyak dapat langsung terserap ke dalam kulit kepala hingga ke akar rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal VCO dapat dioleskan sekitar setengah sampai satu jam sebelum keramas, kemudian bilas bersih. Selain bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan rambut, ternyata VCO juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe.

Gimana? Banyak kan manfaat VCO untuk menambah kecantikan. Tunggu apalagi? Selamat membuktikan. Salam cantik alami, Sis!

Ditulis oleh: Yulia Hartoyo
dari berbagai sumber

Reviewer: Hapsari

2 thoughts on “Cantik Alami dengan Virgin Coconut Oil? Bisa Banget, Sis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *