Ada Titin Tuminah Hona di Novel Terbaru Redy Kuswanto

sumber: facebook|redykuswanto

 

Siapa sih Titin Tuminah Hona? Artis Bollywood, ya? Tapi, kok, berasa Indo banget namanya. Jangan-jangan blasteran nie. Ah, nggak penting dari mana asalnya. Asal kalian tahu aja, Titin Tuminah Hona telah sukses menginspirasi Mimi untuk jadi artis sepertinya. Jadi orang terkenal.

 

“Layaknya gadis kampung yang tergila-gila kehidupan glamor para artis, Mimi ingin mewujudkan mimpinya. Memiliki kekayaan, ketenaran, dan hidup mewah. Dia rela merambah Ibu Kota untuk mengadu nasib menjadi artis.” (RedyKuswanto)

 

Dalam acara Temu Penulis Yogyakarya penulis novel Dream If …,Redy Kuswanto membeberkan proses penulisan novelnya. Tak tanggung-tanggung, dia membedah sinopsis novel yang baru terbit bulan Oktober 2017 ini dalam sesi sharing penulisan sinopsis. Tentu saja hanya terbatas pada peserta pertemuan saat itu.

 

Sosok Titin Tuminah Hona mungkin menjadi salah satu karakter yang menarik dalam novel Dream, If …. Meskipun bukan sosok karakter utama dalam novel, tapi unik. Apa saja keunikan si Titin Tuminah Hona?

 

Pertama, coba lafalkan kata TITIN TUMINAH HONA dengan suara. Hehe …. Sound-nya feels good, kan Gaes? Mirip kayak melafalkan kalimat dalam bahasa India. Padahal nama ini diambil dari nama seseorang yang asli Sunda. Serius. Dari keterangan Mas Redy Kuswanto, memang beneran ada orang yang bernama Titin Tuminah Hona. Keren.

 

Kedua, karakter Titin Tuminah Hona adalah seorang artis yang masih suka dengan makanan khas Sunda, seperti semur jengkol. Ini unik, biasanya seorang artis yang namanya terkenal merasa jaim dengan hal-hal yang dianggap bisa menurunkan popularitas. Artis makan jengkol, rasanya janggal banget. Bayangan saya pasti bau napasnya bikin semaput.

 

Info paling anyar mengatakan bahwa novel Dream, If … ini akan tersedia di toko-toko buku seluruh Nusantara mulai bulan November 2017. Siap-siap, Gaes. Saya kenal betul, Mas Redy ini penulis novel remaja yang kualitas karyanya tidak diragukan lagi. Bisa jadi acuan referensi untuk penulis pendatang baru dalam menulis novel.

 

Judul: Dream, If …
Penerbit: Diva-Press Full
ISBN: 978.602.391.467.8.
Ukuran: 14 x 20 cm
Berat: 225 gr
Tahun terbit: Oktober 2017
Halaman: 268
Harga: 62.000, diskon 15%, jadi 52.700 (belum ongkos kirim)

 

Barangkali ada yang kepo sama isi novelnya. Hehe …. Kasih tahu blurbnya bolehlah, asal bukan sinopsis lengkapnya. Biar nggak dibilang jadi spoiler. Ini saya copasin blurbnovelnya. Semoga bisa sedikit mengobati kekepoan teman-teman.

 

Blurb:
Mimi Tarmiyah memang sok cantik. Sejak kecil dia ingin menjadi artis. Alasannya cukup sederhana; ingin terkenal, memiliki banyak uang, hidup mewah, serta memiliki seabrek fan yang memuja-mujanya. Kini, usia Mimi sudah mendekati tujuh belas tahun. Ini waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpi, menjadi seperti artis idolanya, Titin Tuminah Hona.

 

Valdo melihat kesempatan saat melihat ambisi Mimi. Bersama Brian, ia memberi kesempatan Mimi untuk mengejar impiannya di Jakarta. Mimi bersedia ikut, mengabaikan nasihat ibunya; kekasihnya, Engkos; dan sahabat-sahabatnya.

 

Mimi si gadis desa, harus mengakui kerasnya perjuangan di ibukota. Menghadapi kegagalan dua kali, Mimi menjadi ragu. Apakah ia akan melupakan mimpinya dan kembali ke desa, atau bertahan karena impiannya harus diperjuangkan?

 

Udah deh, meskipun Titin Tuminah Hona bukan karakter utama, bagi saya udah juarak. Apa yang coba dihadirkan Mas Redy melalui karakter Titin ini bisa jadi bahan renungan buat kita (saya). Jangan pernah lupa pada jati diri kita ketika nama besar sudah disandang. Tetaplah jadi apa adanya. Tanpa menutup-nutupi atau malah sengaja berperilaku menjadi orang lain. Hargai dan syukuri kesempurnaan yang sudah Allah kasih ke kita. Karena setiap kita terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Bisa jadi yang terlihat sebagai kekurangan diri kita ternyata mendatangkan manfaat. Begitu juga bisa terjadi yang sebaliknya. Apa yang orang lihat sebagai kelebihan kita, mungkin saja jadi petaka untuk diri kita.

 

Nah, intinya tergantung bagaimana cara kita bersikap. Kalau bisa menempatkan perilaku pada tempatnya, in sya Allah kebaikan akan bersama kita. Duh, kenapa jadi kayak ceramah gini?

 

Oke, sekarang bagaimana kalau pengin beli novel Dream, If … edisi tanda tangan penulis? Hehe …. Ya pesan langsung sama penulisnya lah. Masa iya, mau pesan di toko bangunan?

 

Bisa tuh inbox di akun facebooknya Redy Kuswanto. Kepoin aja, atau apain gitu biar ramai. Biar mengaduh sampai gaduh. Ehm ….
Ditulis oleh: Seno NS. Founder Blogerclass.
Baca Juga:   [Cerpen] Ri(s)a

2 thoughts on “Ada Titin Tuminah Hona di Novel Terbaru Redy Kuswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *